Temukan Tips Kecantikan & Kesehatan disini. Silakan Bookmark atau masukkan email kamu di kolom yg disediakan di kiri bawah untuk mendapatkan info terbaru!

Friday, January 22, 2016

Latar Belakang Wewangian

Grasse – pusat parfum dunia
Berlokasi sekitar sebelas mil sebelah utara Cannes, Grasse di Perancis tak diragukan lagi adalah “pusat parfum dunia”. Grasse memiliki lebih dari 30 ahli parfum, beberapa pabrik pembuat parfum dan bahkan museum mengenai parfum. Beberapa ahli parfum yang terkenal adalah Fragonard, Galimard dan Molinard.
Oriflame mengembangkan parfum-parfum yang dimilikinya berkerjasama dengan ahli parfum di Grasse.
Hidung sebagai alat penting untuk menciptakan wewangian
Parfum diciptakan oleh para ahli wewangian yang memiliki indera penciuman luar biasa serta kemampuan untuk memadukan beragam aroma dasar dan mengolahnya menjadi sebuah wewangian baru. Mereka bekerja dengan cara mengingat semua aroma yang ada. Seperti halnya ketika hendak menyusun sebuah aransemen musik, mereka membayangkan akan seperti apa nantinya aroma sebuah wewangian terbentuk setelah berpadunya semua aroma dasar dari wewangian tersebut.
Hingga saat ini ada sekitar 2.000 bahan dasar yang dapat dipilih saat hendak menciptakan sebuah wewangian baru. Sepertiga darinya adalah bahan alami, sedangkan yang lainnya adalah sintetis. Bahan dasar alami terkadang tidak stabil dan/atau sukar didapatkan. Namun para ilmuwan berupaya meniru bahan alami tersebut supaya harga wewangian tetap terjangkau. Sebuah wewangian berkualitas baik memiliki sekitar 20-15 jenis kandungan bahan.
Struktur wewangian
Sebuah wewangian memiliki susunan segitiga yang terdiri dari tiga tingkat.
1. Aroma awal – bagian dari wewangian yang berfungsi untuk memberikan kesan pertama dan paling kuat tentang sebuah wewangian, biasanya bertahan hingga 10 menit
2. Aroma inti – bagian ini membentuk karakter tersendiri setelah bersentuhan dengan kulit dan berkembang secara penuh setelah 60 menit
3. Aroma akhir – pada bagian ini, wewangian memberikan aroma yang dalam dan khas karena berpadunya beragam aroma yang ada di kulit dan menjadikan keharuman wewangian tersebut tahan lebih lama.

No comments:

Post a Comment